Translate

Search this blog

Mie ayam jamur

Bahan-bahan :
180 gram mie kering
250 gram jamur kancing, dipotong sebesar kotak kecil (1.5 cm)
2 paha ayam (200 gram)
10 bawang putih, dicincang halus
2 bawang bombay, dicincang halus
2 batang daun bawang, diiris tipis
4 cabai caplak, diiris tipis
100 gram pakcoy, dipisahkan bagian tebal dan daunnya, dipotong sekitar 3 cm
3 sendok makan saus tiram
60-75 ml kecap manis
15-20 ml kecap asin
60 ml minyak sayur
garam dan lada secukupnya
air untuk merebus ayam (400 ml)
air untuk merebus mie


mie ayam jamur


Cara memasak :
1. Rebus mie kering ke dalam air yang sudah mendidih. (Tergantung dari petunjuk mie, seberapa lama memasak) Angkat dan tiriskan mie jika sudah matang.
2. Rebus ayam sampai keluar kaldunya. Tiriskan ayam dan potong sebesar dadu kecil. Tulang ayam dapat dimasukkan kembali ke rebusan kaldu ayam.
3. Tumis cincangan bawang dengan minak yang mulai panas. Setelah mulai tercium harum dan setengah matang, matikan kompor. Ambil seperempat bagian dari campuran minyak dan bawang putih lalu campur ke dalam mie yang sudah ditiriskan bersama dengan kecap asin. Seperempat bagian lagi dituang ke dalam air kaldu ayam.
4.  Lanjutkan menumis, masukkan kemudian irisan bawang bombay dan cabai. Setelah bawang terlihat mengkilap, masukkan potongan dadu ayam dan jamur kancing. Tumis dan aduk rata sampai keluar air dari jamur. (Oleh karena itu, tidak perlu ditambahkan air untuk menumis lagi)
5. Tuangkan saus tiram dan kecap manis perlahan dan mengitari bahan masakan. Atur rasa dengan garam dan lada secukupnya. Matikan kompor jika bahan tercampur rata dan mengental.
6. Bersamaan dengan itu, masukkan potongan tebal pakcoy ke dalam rebusan kaldu ayam bawang putih lalu bagian dauunya. Atur rasa dengan garam dan lada secukupnya. Matikan kompor dan tabur irisan daun bawang.
7. Hidangan siap disajikan hangat bersama irisan daun bawang.



mie ayam jamur

Hidangan siap disajikan :


mie ayam jamur siap
Porsi untuk 2 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar